Loading

Membuat Kaldu Ayam

Karena memiliki fungsi yang penting dalam soal masak memasak, maka mempersiapkan/membuat kaldu sebelum memasak berbagai jenis masakan, terutama ketika anda akan membuat sop perlu dilakukan. Kaldu juga bisa disimpan di freezer dengan cara menyimpannya ke dalam plastik kecil atau cetakan pembuat es, untuk beberapa lama. Dengan demikian, anda bisa menghemat waktu masak.

Membuat kaldu pada dasarnya sama saja. Cuma mungkin ada sedikit perbedaan cara atau metoda pembuatannya. Oh ya, ada beberapa jenis kaldu yang sering dipakai yaitu kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan dan kaldu sayuran. Dari keempat jenis kaldu ini lama waktu yang diperlukan untuk memasak berbeda-beda. Pagi ini saya ingin berbagi dengan anda bagaimana cara membuat kaldu ayam:

Cara Membuat Kaldu Ayam

Bahan:
3 lt air
1/4 sdt garam
merica
500 g atau lebih tulang dan ceker ayam yang sdh dibuang kukunya.

Cara membuat:
Didihkan air dalam panci besar, lalu masukkan tulang, ceker dan garam. Kalau sudah mendidih kembali, kecilkan api. Didihkan tulang ayam selama 30 menit atau ledih, sampai busa yang timbul dibuang
Untuk memperoleh kaldu ayam yang tidak banyak lemak, buang lemak yang mengapung/ membeku di permukaan ketika kaldu ayam sudah dingin
Kaldu yang sudah dingin bisa disimpan di Freezer dengan menaruhnya dalam kantung plastik
Untuk menghilangkan bau amis pada kaldu, cemplungkan 1-2 tangkai daun bawang dan seledri (atau daun ketumbar kalau suka) kira-kira 5 menit sebelum api dipadamkan. Lalu, singkirkan daun bawang seledri atau daun ketumbar. Namun bila kaldu ayam akan disimpan lama, pemberian daun bawang dan seledri sebaiknya baru dilakukan saat kaldu akan disajikan.

Sumber: http://kepingemas.blogspot.com/2008/02/kaldu-ayam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar